Monday 30 April 2012

Domba Perah

Domba telah dipelihara untuk diambil susunya selama ribuan tahun dan sudah diperah sebelum sapi. Peternakan domba perah dunia terpusat di Eropa dan negara-negara di dan di sekitar Laut Mediterania. Peternakan domba perah masih relatif baru di Amerika Serikat. Di negara ini terdapat sekitar 100 peternakan domba perah. Peternakan domba perah ini umumnya terdapat di New England dan Upper Midwest. Di New York dan Kalifornia terdapat beberapa peternakan besar domba perah.

Susu domba sangat bergizi, lebih kaya vitamin A, B, dan E, kalsium, fosfor, potasium, dan magnesium dibandingkan dengan susu sapi. Susu domba mengandung lebih banyak asam lemak rantai pendek dan rantai sedang, yang menguntungkan bagi kesehatan. Misalnya, asam lemak rantai pendek kurang berpengaruh terhadap kadar kolesterol pada manusia. Asam lemak rantai pendek ini membuat susu lebih mudah dicerna.

Menurut seorang peneliti Jerman, susu domba mengandung lebih banyak asam linoleat terkonjugasi (CLA) dibandingkan dengan susu dari babi, kuda, kambing, sapi, dan manusia. CLA merupakan lemak pembasmi kanker dan pengurang lemak. Butiran lemak pada susu domba lebih kecil daripada butiran lemak pada susu sapi, sehingga membuat susu domba lebih mudah dicerna.

Susu domba dapat dibekukan dan disimpan sampai tersedia susu dalam jumlah cukup untuk dijual atau dibuat keju. Pembekuan tidak mempengaruhi kualitas pembuatan keju susu domba.

Susu domba memiliki lebih banyak kandungan zat padat dibandingkan dengan susu kambing atau susu sapi. Karena itu, lebih banyak keju yang dapat dibuat dari satu galon susu domba dibandingkan dengan satu galon susu kambing atau susu sapi. Susu domba menghasilkan 18 hingga 25 persen keju, sedangkan susu kambing dan susu sapi hanya menghasilkan 9 sampai 10 persen.

Walaupun domba biasanya menghasilkan lebih sedikit susu dibandingkan dengan kambing dan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sapi, susu domba dijual dengan harga jauh lebih mahal per kilogram, hampir empat kali lipat harga susu sapi. 

Kebanyakan susu domba yang dihasilkan di dunia dibuat menjadi keju. Sebagian dari keju paling terkenal dibuat dari susu domba: Feta (Yunani, Italia, dan Perancis), Ricotta dan Pecorino Romano (Italia) dan Roquefort (Perancis). Amerika Serikat merupakan importir besar keju susu domba. Susu domba juga dibuat menjadi yogurt dan es krim.

Walaupun semua trah domba betina yang sedang menyusui dapat diperah, sebagaimana spesies ternak lainnya, ada beberapa trah domba yang merupakan trah domba khusus perah. Di seluruh dunia terdapat lebih dari dua belas trah domba perah, tapi hanya beberapa trah domba perah saja yang terdapat di Amerika Serikat: East Friesian dan Lacaune. Trah domba khusus perah menghasilkan 400 hingga 1.100 pon susu per laktasi, sedangkan produksi susu dari trah domba biasa hanya 100 sampai 200 pon susu per laktasi.

Domba East Friesian merupakan trah domba perah yang paling banyak dan paling produktif di dunia. Tingkat produksi susu rata-ratanya 990 sampai 1.100 pon per 220 hingga 240 hari laktasi. Dua trah domba perah lainnya yang sangat produktif adalah trah domba berekor gemuk Awassi dan Assaf dari israel. Di Perancis, domba Lacaune adalah trah domba pilihan untuk membuat keju terkenal Roquefort di negara tersebut.

Di seluruh dunia, domba umumnya diperah secara musiman menggunakan tangan. Ini karena domba perah biasanya dipelihara di daerah terpencil sehingga tidak ada orang yang memelihara sapi. Peternakan domba perah modern menggunakan peralatan mesin canggih untuk memerah susu domba: ruang perah, selang, tangki penampung, dll. Domba betina diperah sekali atau dua kali per hari.

Di Amerika Serikat, domba perah dipelihara dengan berbagai cara. Di sebagian peternakan, domba betina tidak diperah sampai anaknya berumur 30 hingga 60 hari. Peternakan domba perah lainnya membiarkan anak domba menyusu ke induknya selama 8 sampai 12 jam per hari, dan setelah itu anak domba dipisahkan semalam dan induk domba diperah pagi hari keesokan harinya. Setelah anak domba berumur 28 sampai 30 hari, induk domba diperah dua kali sehari.

Hasil susu maksimal diperoleh jika anak domba dipisahkan dari induknya 24 jam setelah lahir dan dipelihara dengan diberi susu pengganti buatan, seperti yang banyak dilakukan di Eropa dan di peternakan sapi dan peternakan kambing. 

Penerjemah Inggris-Indonesia:

Hipyan Nopri

Sumber:
http://www.sheep101.info/dairy.html

Tuesday 24 April 2012

Mobil Terbaru HONDA CR-Z Hybrid

Hai Sobat Oz taukah ada mobil terbaru dari Honda? Di Jepang Honda Motor Co, akhirnya secara resmi meluncurkan mobil terbarunya yaitu HONDA CR-Z  (Compact Renaissance Zero). Mobil ini merupakan mobil keluarga yang telah menganut teknologi hybrid, selain mobil keluarga adapula juga mobil sport, masing-masing kendaraan sangat ini irit bahan bakar, ramah lingkungan dan bobot yang lebih ringan. . Di Jepang, hybrid sport ini dijual mulai dari ¥2.160.000 (Rp 220 juta) sampai ¥2.380.000 (Rp 245 juta) atau sekitar $19,695.



Adapun Honda versi dress-upCR-Z, mobil sport ini mempunyai 3 pintu(2 pintu utama dan 1 pintu bagasi belakang). Tampilan khas dari mobil spor Honda CR-Z ini adalah  terlihat dari posturnya dari tingginya hanya 1.395 mm cukup ceper dan jarak sumbu roda termasuk pendek hanya 2.435 mm, sedangkan lebarnya 1.740 mm. Diperlihatkan dari segi dimensi panjangnya 4.080 mm, tidak  jauh beda dengan salh satu rekannya HONDA Jazz yaitu (3.900 mm). Dari segi posisi peletakan mesin  juga lebih rendah begitu pula dengan suspensinya. AlHasiln HONDA CR-Z hybrid sport benar-benar  sporty sejati .



Ada dua system yang berfungsi bekerja yakni saat melaju di jalan raya seperti tol, hanya mesin yang bekerja.Dan saat melambat atau direm, motor listrik menjadi generator yang berfungsi menghasilkan listrik yang kemudian dikirim ke baterai, seperti layaknya generator biasanya. Mobil ini dilengkapi sistem stop otomatik apabila  mobil berhenti, mesin langsung mati. Tiga Mode Menurut Honda, CR-Z merupakan model pertama yang dilengkapi dengan fitur tiga mode mengemudi: SPORT, NORMAL atau ECON. Pilihan tersebut disesuaikan dengan gaya mengemudi atau situasi mengemudi seperti di kota, jalan tol atau di daerah yang banyak tikungannya. Dengan menggunakan mesin 1,5 liter dengan teknologi i-VTEC, konsumsi bahan bakar paling irit dari mobil ini yaitu 25 km/liter (kpl) dengan transmisi otomatik CVT.


Bagi pengemudi yang ingin dengan gaya sport, Honda menawarkan transmisi manual 6-speed (mobil ini pertama di dunia untuk mobil hybrid) dengan konsumsi bahan bakar 22,5 kpl. Mesin CR-Z 1,5 liter ini, klaim Honda kemampuannya sama dengan mesin dengan 2,0 liter. Tenaga yang dihasilkan 84kW (114PS) @ 6.000 rpm. Pada saat stasioner hanya satu dari dua katup isap yang bekerja ini berujuan untuk mengirit konsumsi bahan bakar. Kedua sumber tenaga HONDA hybrid ini yaitu motor bakar dan motor listrik, yang bekerja bekerja secara paralel. Jadi saat mesin start dan akselerasi, mesin bekerja sebagai penggerak utama dan dibantu oleh motor listrik.




Monday 9 April 2012

Yamaha New Jupiter-Z

Hai sobat OZ yang setia, di artikel berikut ini akn membahas kuda besi asal garpula. Persaingan antara kompetitor lain seakan YMI tidak mau tinggal diam. YMI telah merilis New Jupiter-Z dengan perubahan terlihat total desain baru, inovasi baru, dan semakin gaya. Dari mesin Yamaha New Jupiter-Z ada perubahan yaitu: berkapasitas115 cc, 4 Langkah, 2 Valve SOHC (single over head chamshaft). Bagi para brother yang ingin tahu spesifikasinya, berikut spesifikasi dan pilihan warnanya:



Mesin
Tipe Mesin                               :     4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Diameter Langkah                    :     50,0 x 57,9 mm
Volume Silinder                        :     113 cc
Susunan Silinder                       :     Cylinder Tunggal / Mendatar
Perbandingan Kompresi            :     9,3 : 1
Power Max                              :     6,6 kW / 7.500 rpm
Torsi Max                                :     9,0 Nm / 4.000 rpm
Sistem Pelumasan                    :     Pelumasan Basah
Oli Mesin                                 :     800cc (Berkala) | 1.000 cc (Total)
Karburator                               :     (MIKUNI) VM17SH x 1
Transmisi                                  :     Tipe ROTARY 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)
Kopling                                    :     Basah, Kopling Ganda Sentrifugal
Sistem Starter                           :     Electric Starter & Kick Starter

Chasis
Tipe Rangka                             :     Pipa Baja Underbone
Suspensi Depan                        :     Telescopic
Suspensi Belakang                    :     Lengan Ayun, Suspensi Ganda
Rem Depan                              :     Cakram
Rem Belakang                          :     Tromol
Ban Depan                               :     70/90 - 17M/C 38P
Ban Belakang                           :     80/90 - 17M/C 44P

Kelistrikan
Beterai                                     :     YTZ5S (MF Battery)
Busi                                          :     C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO)
Sistem Pengapian                      :     DC C.D.I.

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi           :     1.930 mm x 680 mm x1.065 mm
Tinggi Tempat Duduk               :     765 mm
Jarak Antar Roda                     :     1.235 mm
Jarak Ke Tanah                        :     150 mm
Kapasitas Tangki                      :     4,2 Liter
Berat Isi                                   :     102 Kg

Terima kasih atas kunjungannya, semoga dengan artikel  yang sedikit ini bermanfaat bagi sobat OZ. Silahkan baca artikel yang  lainnya.

Saturday 7 April 2012

Kawasaki Ninja 1000 ABS 2012

Halo sobat OZ, berita terbaru nih akan hadir Kawasaki Ninja 1000 ABS di tahun 2012 merupakan motor sport berkelas 1000 cc, alias moge . Kawasaki Ninja 1000 ABS ini bermesin DOHC dengan 16-katup, dengan volume mesin 1.043 cc. Mudah dikendarai dan menawarkan torsi yang baik untuk kepuasan maksimal bagi pengendara.  Anti-Lock Braking System (ABS) adalah unit kecil dan ringan dengan ECU spec tinggi mampu memperhitungan rinci untuk pengoperasian pengereman ultra halus. Selain itu menawarkan empat Liquid cooled inline. Dengan bore dan stroke dimensi 77,0 mm x 56.0 mm yang memberi keseimbangan daya yang ideal di atas dan rendah. Besar volume tangki bahan bakar 19 liter menawarkan berbagai substansial yaitu konstruksi baja.
 
 Sistem pendingin udara yang di apalikasikan pada moge ini dengan sistem rute asupan udara dingin ke airbox melalui saluran di fairing, meminimalkan kerugian kinerja karena asupan udara panas. Bentuk tangki tepi yang menonjol dan bentuk langsing dibagian belakang sehingga memungkinkan pengendara untuk mudah memeluk tangki dengan lutut. Bodywork bergaya Supersport, body work penuh fairing memberikan Ninja 1000 terlihat berbeda, dan juga menawarkan banyak perlindungan angin dan cuaca. 

Lampu belakang sudah mengadopsi lampu merah  LED dan fitur lensa transparan merah. Kaca depan dapat disesuaikan secara manual untuk optimal perlindungan angin atau cuaca. Kaca depan memiliki tiga posisi yang tersedia mencakup sekitar 20 derajat. Penyesuaian dapat dilakukan dengan tangan (tidak ada peralatan yang diperlukan) dengan menekan tombol pelepas di bawah panel instrumen. Penyesuaian kaca depan harus selalu dilakukan dengan saat berhenti.

Suspensi terlihat dari luar, monoshock horisontal memberikan kontribusi untuk ultra-sporty penampilan Ninja 1000. Pada panel instrumen sanagat sporty fitur tachometer analog besar dan multi fungsi dengan layar LCD. Ini adalah desain berdasarkan pada unit ZX-6R. Fungsinya termasuk speedometer, tachometer, pengukur bahan bakar, odometer, jam, meter perjalanan ganda dan lampu peringatan.

Sistem pengereman disc berdiameter 300mm dicengkeram oleh empat piston. (Ukuran piston Kaliper adalah 4x30mm). Rem belakang piston tunggal, pin-slide caliper mencengkeram disc berukuran 250mm. Caliper ini dipasang di bawah swingarm. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi sobat OZ.

New Vespa Injeksi GTS 300 cc

Hai sobat OZ semoga baik-baik saja kabarnya, sobat OZ pasti tahu bahwa pecinta scooter di indonesia sangatlah banyak penggemarnya, dari yang kalangan muda sampai kalangan dewasa. Sobat tahu tidak, ada info menarik bagi scooter lovers. Di tahun 2012 ini telah hadir produk keluaran terbaru dari vespa yaitu vespa GTS 300. Scooter ini memiliki silinder tunggal dengan 4 langkah kerja, yang telah mengaplikasikan 4 katup. Kendaraan ini telah dilengkapi pendingin yaitu system berpendingin cairan, dan sudah didukung dengan injeksi.   


Vespa GTS 300 ini menyediakan daya maksimum 22 HP di 7.500 rpm dan torsi maksimum 22,3 Nm pada 5.000 rpm. Nilai-nilai yang di dapat pada Vespa GTS 300 yaitu respon gas cepat dan sangat cemerlang kinerjanya, sehingga kendaraan ini sangat ideal baik dalam lintas kota dan untuk touring jarak jauh sekalipun tetap nyaman, baik sendiri atau dengan seorang penumpang.

Mesin baru Vespa GTS
ini sangat  halus, sporty, responsif dan irit karena sudah menganut sistem injeksi, dan Vespa GTS  telah sesuai dengan standar emisi (Euro3). Bagi yang ingin tahu spesifikasinya , sebagai berikut:

Jenis silinder tunggal Q.U.A.S.A.R. 4 katup, injeksi, catalytic converter. Bagi sobat OZ yang ingin tahu spesifikasinya berikut ini akan dijelaskan secara singkat dari spesifikasi Vespa GTS 300, yaitu:

KENDARAAN
Bantalan
              : lembaran struktur logam dengan dilas
Rem depan         :Hidrolik dioperasikan disc stainless steel ø 220 mm
Rem belakang
    : Hidrolik dioperasikan disc stainless steel ø 220 mm
Ban depan          : tubeless 120/70-12 "
Ban belakang      : tubeless 130/70-12"

DIMENSI
Panjang / Lebar
         : 1930/755 mm
Langkah                     : 1370 mm
Tinggi        Kursi         : 790 mm
Kapasitas tangki        : 9,2 liter
Emisi                          : Sesuai dengan Standar Euro 3

Kapasitas Mesin
        : 278 cc
Bore / stroke              : 75/63 mm
Daya Max                   : 15,8 kW (22 HP) pada rpm 7.500
Torsi max                   : 22,3 Nm pada 5.000 rpm
Daya         P.I              : injeksi
Pengapian                  : Elektronik pengapian induktif
Pendingin                   : Cairan
Transmisi                   : Putar-dan-pergi CVT dengan server torsi
Kopling                      : kopling kering sentrifugal otomatis

Bagi sobat OZ yang hobi dengan mengendarai scooter ini bisa menjadi pilihan yang baik, bagi yang suka dengan akselerasi. Semoga ini bisa menjadi info yang bermanfaat untuk sobat OZ.



Thursday 5 April 2012

Vespa Injeksi Quarantasei

Hai sobat OZ, cukup lama nieh gak posting lagi. Pasti sobat OZ sudah ingin menanti postingan yang terbar. Baiklah ada kabar bahwa akan hadir vespa terbaru dan sangat sporty dan technology yang canggih. Vespa Quarantasei akan mencoba membuka jendela ke masa depan dalam sistem teknologi. Vespa Quarantasei ini bersilinder tunggal 125 cc 4 stroke, 3 katup, berpendingin udara, mesin pada vespa Quarantasei sudah menganut system injeksi. Vespa Quarantasei ini mengeluarkan 2 tipe kelas yaitu 125 cc dan 150 cc. 



Yang menarik dari vespa Quarantasei adalah sebuah mesin yang sangat modern yang memperkenalkan lini pembangunan dari otomotif di masa depan yang baru, telah diterapkan dengan konsumsi bahan bakar irit maupun penurunan emisi gas dan suara.

Mesin baru
ini telah dirancang, dikembangkan dan diproduksi sepenuhnya di Pontedera, pabrik terbesar Piaggio, yang merupakan salah satu pengembangan mesin paling canggih dan pusat-pusat produksi di dunia. Mesin ini lahir dari tantangan Grup Piaggio telah diambil : untuk memberikan pelanggan semakin lebih senang dengan produk yang menjamin kinerja, kehandalan dan keamanan juga ramah lingkungan yang teelah lulus EURO.

Tiga inovatif valve timing yang mencirikan mesin Vespa Quarantasei memungkinkan optimalisasi dalam gerakan beban silinder yang optimal dan spark plug (busi), meningkatkan kinerja pembakaran dan pada saat yang bersamaan pendinginan tetap menjamin optimal di bagian dalam mesin.

Dalam hal sistem pendingin sangatlah hati-hati dianalisis bahkan melalui simulasi termal fluida-dinamis, bertujuan untuk lebih meningkatkan kinerja sehingga memperoleh penurunan yang signifikan dalam hal daya serap.

Kinerja Vespa Quarantasei, dengan daya maksimum pada crankshaft sebesar 8,7 kW pada 8.250 rpm dan torsi maksimum 10,3 Nm pada 7.000 rpm (untuk 125) dan 9,7 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12,6 Nm pada 6.500 rpm (untuk 150) di atas merupakan masing-masing kategori mesin baru. Semoga ini bermanfaat bagi sobat OZ vespa lovers.