Sunday 5 May 2013

Pengukuran

  • Pengertian Pengukuran

Pengukuran adalah membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang dianggap sebagai patokan.Dalam pengukuran terdapat dua faktor utama yaitu perbandingan dan patokan (standar).

  • Besaran Dan Satuan
Sifat-sifat dari suatu benda atau kejadian yang kita ukur, misalnya panjang benda, massa benda, lamanya waktu lari mengelilingi sebuah lapangan disebut besaran, besaran apa saja yang bisa kita ukur dari sebuah buku ?. Pada sebuah buku, kita bisa mengukur massa, panjang, lebar, dan tebal buku. Bagaimanakah kita menyatakan hasil pengukuran panjang buku? Misalnya panjang buku sama dengan 25 sentimeter; sentimeter disebut satuan dari besaran panjang. Massa buku sama dengan 1 kilogram; kilogram disebut satuan dari besaran massa. Jadi satuan selalu mengikuti besaran, tidak pernah mendahuluinya. Di masyarakat kita kadang-kadang terdapat satuan-satuan yang tidak standar atau tidak baku, misalnya satuan panjang dipilih depa atau jengkal. Satuan tersebut tidak baku karena tidak mempunyai ukuran yang sama untuk orang yang berbeda. Satu jengkal orang dewasa lain dengan satu jengkal anak-anak. Itulah sebabnya jengkal dan depa tidak dijadikan satuan yang standar dalam pengukuran fisika.

Apakah syarat yang harus dimiliki suatu satuan agar bisa menjadi satuan standar ? Beberapa syarat utama adalah sebagi berikut :

Nilai satuan harus tetapBaik dalam cuaca panas atau dingin, bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak, dan terhadap perubahan-perubahan lingkungan lainnya. Sebagai contoh, jengkal tidak bisa dijadikan satuan baku karena berbeda-beda untuk masing-masing orang, sementara meter berlaku sama baik untuk orang dewasa mapun anak-anak. Oleh karena itu, meter bisa digunakan sebagai satuan standar.

Mudah diperoleh kembali (mudah ditiru), sehingga orang lain yang ingin menggunakan satuan tersebut dalam pengukurannya bisa memperolehnya tanpa banyak kesulitan. Satuan massa yaitu kilogram, mudah diperoleh kembali dengan membandingkannya. Dengan demikian, kilogram dapat digunakan sebagai satuan standar. Dapat kita bayangkan, betapa repotnya jika suatu satuan sulit dibuat tiruannya sehingga di dunia hanya ada satu-satunya satuan standar tersebut. Orang lain yang ingin mengukur besaran yang bersangkutan harus menggunakan satu-satunya satuan standar tersebut untuk memperoleh hasil yang akurat.

Satuan harus diterima secara internasional. Ini berkaitan dengan kepentingan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan deterimanya suatu satuan sebagai satuan internasional maka ilmuwan dari satu negara dapat dengan mudah memahami hasil pengukuran dari ilmuwan negara lain

Sistem satuan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, yang berlaku secara interasional adalah sistem satuan SI, kependekan dari bahasa Prancis Systeme International d’Unites. Sistem ini diusulkan pada General Conference on Weights and Measures of the International Academy of Science pada tahun 1960. Dalam sistem satuan ini, terdapat tujuh besaran yang disebut sebagai besaran pokok

  • Besaran Pokok Dan Turunan
Besaran pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dulu. Tujuh besaran pokok dalam sistem satuan SI adalah :

  1. Panjang (meter)
  2. Massa (kilogram)
  3. Waktu (sekon)
  4. Kuat arus listrik (ampere)
  5. Suhu (kelvin)
  6. Intensitas cahaya (candela)
  7. Jumlah zat (mol)

Satuan-satuan seperti meter, kilogram, dan sekon tersebut sudah didefinisikan terlebih dahulu. Bagaimanakah definisi satuan-satuan dari besaran pokok tersebut? Pada penjelasan berikut akan dipaparkan definisi dari tiga besaran pokok yaitu panjang, massa, dan waktu, sementara satuan besaran-besaran lain akan kita bahas ketika kita membahas pokok bahasan yang bersangkutan dengan besaran pokok tersebut.

Panjang
Standar satuan untuk panjang dalam SI adalah meter. Sistem satuan yang didasarkan pada meter sebagai standar pengukuran dinamakan sistem metrik.

Massa
Massa sebuah benda merupakan banyaknya zat yang terkandung di dalam sebuah benda tersebut. Satuan massa di dalam sistem satuan SI adalah kilogram.

Waktu
Satuan standar untuk waktu adalah sekon, yang awalnya didefinisikan sebagai 1/86.400 hari matahari. Namun ketika ilmuwan mendapatkan bahwa hari matahari berkurang sekitar 0,001 sekon setiap satu abad, maka sekon didefinisikan ulang sebagai 1/86.400 hari matahari di tahun 1900.

Besaran turunan
Sebagian besar besaran yang kita gunakan dalam fisika dan ilmu-ilmu terapannya (termasuk mekanika fluida dan kemudian hidrolik, lalu alat berat) mempunyai satuan-satuan yang merupakan kombinasi dari satuan-satuan besaran pokok. Besaran-besaran yang demikian, yang satuannya ditentukan berdasarkan satuan-satuan besaran pokok, disebut besaran turunan.

  • Konversi, ketelitian, Standar Alat Ukur
Dalam beberapa persoalan, kadang-kadang kita perlu melakukan konversi satuan dari satu sistem satuan ke sistem satuan yang lain, terutama ke sistem satuan SI. Konversi satuan ini mungkin kita lakukan jika kita mengetahui hubungan antara kedua satuan itu. Sebagai contoh, seandainya kita mengetahui bahwa panjang lapangan sepakbola adalah 100 yard, sementara kita mengetahui bahwa 1 yard sama dengan 3 kaki, maka kita katakan bahwa panjang lapangan sama dengan 300 kaki. Walau contoh ini sangat sederhana sehingga dengan mudah kita dapat mengkonversikan satuan yard ke kaki, namun metode yang logis tetap harus diperhatikan. Kita mengetahui :

3 kaki = 1 yard

Dalam konversi satuan kita bisa melakukan pencoretan satuan yang sama untuk pembilang dan penyebut. Biasanya kita diminta untuk mengubah satu satuan ke sistem SI. Dalam soal misalnya data-data yang ada diberikan dalam satuan non-SI, tetapi jawaban yang diminta harus dinyatakan dalam sistem satuan SI. Untuk melakukan hal ini, kita bisa langsung melakukan konversi dengan bantuan tabel konversi yang biasa terdapat dalam lampiran buku.

Ketelitian dari suatu hasil pengukuran sudah menjadi tuntutan ilmu pengetahuan dewasa ini. Namun demikian, dapat dikatakan bahwa tidak ada satupun pengukuran yang benar-benar akurat, pasti ada suatu ketidakpastian dalam hasil pengukuran tersebut. Ketidakpastian dalam hasil pengukuran ini muncul dari berbagai sumber, misalnya dari batas ketelitian masing-masing alat dan kemampuan kita dalam membaca hasil yang ditunjukkan oleh alat ukur yang kita pakai.

Alat ukur yang kita pakai menentukan hasil pengukuran yang kita dapatkan. Sebagai contoh, lakukan pengukuran diameter dari bagian bawah kaleng minuman ringan dengan sebuah meteran gulung (mitlin) yang sering digunakan penjahit. Hasil yang anda lakukan hanya mempunyai ketelitian sampai 0,1 cm atau 1 mm, sesuai dengan skala terkecil yang terdapat dalam mitlin, walaupun anda bisa menyatakan bahwa anda memperkirakan ketelitian sampai separo skala terkecil, yaitu 0,5 mm. Alasannya adalah
bahwa amat sulit bagi orang yang melakukan pengukuran untuk memperkirakan skala-skala yang lebih kecil diantara dua garis skala terkecil.

Skala yang terdapat pada mitlin sendiri boleh jadi tidak seakurat angka-angka yang tertera, karena belum tentu mitlin dibuat dengan keakuratan yang sangat tinggi di pabrik. Karena toh untuk pakaian yang diukur dengan mitlin, selisih pengukuran 1 mm tidak terlalu bermasalah bagi pengguna pakaian
yang dijahit.

Sumber ketidakpastian lain muncul dari diri kita sendiri ketika membaca skala pada mitlin. Kesalahan baca yang sering terjadi karena kita tidak tepat mengarahkan pandangan mata kita ke obyek yang diamati disebut kesalahan paralaks. Bagaimana jika kita menggunakan jangka sorong (vernier caliper)
untuk mengukur diameter kaleng tersebut. Akankah hasil yang kita peroleh lebih akurat ? Tentu. Untuk mengukur diameter kaleng tersebut, jangka sorong akan lebih teliti hasil pengukurannya, karena ketelitian jangka sorong memiliki ketelitian sampai dengan 0,1; 0,05; atau bahkan 0,02 mm. Untuk benda-benda yang tidak terlalu kecil, jangka sorong cukup tepat digunakan sebagai alat ukur. Untuk mengukur panjang benda yang lebih kecil atau lebih tipis kita bisa menggunakan micrometer yang memiliki ketelitian sampai
dengan 0,01 mm atau 0,001 mm.

Ketika melaporkan hasil pengukuran, ada baiknya (suatu keharusan jika kita melakukan pengambilan data di laboratorium) jika kita menuliskan ketelitian pengukuran kita atau perkiraan dari hasil pengukuran kita. Sebagai contoh, diameter kaleng yang diukur dengan mitlin bisa dinyatakan dalam 55 ± 1 mm atau 5,5 ± 0,1 cm. Tulisan ± 1 mm atau ± 0,1 cm (plus minus 1mm atau 0,1 cm) menyatakan ketidakpastian yang diperkirakan, sehingga diameter kaleng adalah antara 54 mm dan 56 mm. Ketidakpastian hasil pengukuran juga bisa dinyatakan dalam persen. Sebagai contoh pada hasil pengukuran diameter kaleng sama dengan 55 ± 1 mm, persen ketidakpastiannya adalah 1/55 x 100 % = 1,3 %.


Kadang-kadang, hasil pengukuran tidak secara langsung menampilkan angka ketidakpastiannya. Namun demikian, kita harus bisa memperkirakan berapa ketidakpastian hasil pengukuran tersebut. Jika hasil pengukuran dituliskan 5,1 cm, kita perkirakan bahwa ketidakpastiannya 0,1 cm. Jadi, panjang sebenarnya antara 5,0 cm dan 5,2 cm. Jangan sampai kita menuliskan hasil pengukuran dengan mitlin sebagai 5,10 cm. memang angka 5,1 cm sama dengan 5,10 cm, tetapi jika angka tersebut dimaksudkan sebagai hasil suatu pengukuran, artinya sangat lain. Angka 5,1 cm menyiratkan bahwa ketelitian alat ukur yang dipakai sampai 0,1 cm sedang angka 5,10 cm menyiratkan bahwa ketelitian alat ukur yang dipakai sampai 0,01 cm. Dengan demikian, ketidakpastiannya pun sama dengan 0,01 cm. Jadi panjang sebenarnya adalah antara 5,09 cm dan 5,11 cm. Tidak mungkin mengukur panjang dengan mistar/mitlin memiliki ketelitian seperti ini. Dari sini bisa kita sadari, bahwa angka 0 dibelakang koma pun sangat penting di dalam menyatakan hasil pengukuran.

  • Pengukuran karakteristik umum fluida
Mekanika Fluida adalah disiplin ilmu bagian dari bidang mekanika terapan yang mengkaji perilaku dari zat-zat cair dan gas dalam keadaan diam (statika) ataupun bergerak (dinamika). Bidang mekanika ini jelas mencakup berbagai persoalan yang sangat bervariasi, mulai dari kajian dalam tubuh kita (aliran darah di saluran kapiler, yang hanya berdiameter beberapa micron) sampai pada kajian aliran minyak mentah yang melewati Alaska melalui pipa berdiameter 4 ft sepanjang 800 mil. Prinsip-prinsip mekanika fluida diperlukan untuk menjelaskan hal itu.

Salah satu pertanyaan yang perlu kita kaji ialah, apakah fluida itu ? Atau mungkin bertanya, apa perbedaan antara sebuah benda padat dengan sebuah fluida. Kita memiliki gagasan umum yang samar-samar mengenai
perbedaan tersebut. Sebuah benda padat “keras” dan tidak mudah dideformasi, sementara sebuah fluida “lunak” dan mudah dideformasi/dirubah bentuknya (misal : tubuh kita mudah bergerak melewati udara, udara adalah fluida lunak yang mudah dideformasi). Secara sepintas lalu mengenai perbedaan padat dengan fluida sangat tidak memuaskan dari sudut pandang ilmiah atau keteknikan. Pengamatan lebih mendalam mengenai struktur molekul dari material mengungkapkan bahwa zat-zat yang biasanya kita anggap sebagai benda padat (baja, beton, bata merah dan lain-lain) memiliki jarak antar molekul yang rapat dengan gaya-gaya kohesi antar molekul lebih yang besar yang memungkinkan sebuah benda padat mempertahankan bentuknya dan tidak mudah untuk dideformasi.

  • Dimensi, kehomogenan Dimensi, Dan Satuan
Karena didalam kajian mengenai mekanika fluida kita akan menangani berbagai karakter fluida, maka kita perlu mengembangkan suatu sistem untuk menggambarkan karakteristik-karakteristik ini secara kualitatif dan kuantitatif. Aspek kualitatif berfungsi untuk mengidentifikasi sifat dasar atau jenis dari karakteristik tersebut (seperti panjang, waktu, tegangan, kecepatan, kekentalan, debit), sementara aspek kuantitatif memberikan ukuran kuantitas dari karakteristik tersebut. Penggambaran kuantitatif membutuhkan sebuah angka dan sebuah standar yang dapat digunakan untuk memperbandingkan berbagai besaran. Suatu standar seperti itu disebut satuan, dan beberapa sistem satuan bisa digunakan seperti MKS atau SI.

Analisis Perilaku Fluida
Ada keserupaan yang kuat antara pendekatan umum terhadap mekanika fluida dan terhadap mekanika benda padat, pada benda tegar, dan pada benda yang dapat terdeformasi. Subyek yang luas di dalam mekanika fluida secara umum dapat dibagi menjadi statika fluida dimana fluida dalam keadaan diam, dan dinamika fluida, dimana fluida bergerak.

Ukuran-ukuran massa dan berat fluida

1. Kerapatan (density)
Kerapatan sebuah fluida dilambangkan dengan huruf Yunani ? (rho), didefinisikan sebagai massa fluida per satuan volume.

2. Berat jenis
Berat jenis dari sebuah fluida, dilambangkan dengan huruf Yunani γ (gamma), didefinisikan sebagai berat fluida per satuan volume.

3. Viskositas (viscosity)
Sifat-sifat kerapatan dan berat jenis adalah ukuran dari “beratnya” sebuah fluida. Namun jelas bahwa sifat-sifat ini tidak cukup untuk menjelaskan karakter secara khas bagaimana fluida berperilaku karena dua fluida
(misalnya air dan minyak) yang memiliki nilai kerapatan hampir sama memiliki perilaku yang berbeda ketika mengalir.

4. Kemampu-mampatan Fluida
Sebuah pertanyaan yang penting untuk dijawab ketika kita mengkaji perilaku suatu fluida tertentu ialah seberapa mudah volume (demikian juga kerapatan) dari suatu massa fluida dapat diubah apabila terjadi perubahan tekanan ? Artinya seberapa mampu-mampatkah fluida tersebut ? Sebuah sifat yang biasa digunakan untuk menjelaskan karakter kemampu-mampatan (compressibility) adalah modulus borongan (bulk modulus) Ev.

  • Hukum Archimedes
Barangkali kita pernah mengamati bahwa sebuah benda yang diletakkan di dalam air terasa lebih ringan dibandingkan dengan beratnya ketika di udara. Karena tekanan semakin bertambah dengan bertambahnya kedalaman, gaya pada bagian bawah benda yang berada di dalam air lebih besar daripada gaya yang bekerja pada bagian atas benda. Akibatnya ada selisih gaya yang bekerja pada benda selanjutnya kita sebut sebagai gaya apung (yang arahnya selalu ke atas).

No comments:

Post a Comment