Thursday 3 February 2011

Visi dan Misi

Nama Peternakan Firstanipo berasal dari perpaduan nama anak perempuan kami Firstanisa dan anak lelaki kami yang bernama Amernipo.

Nama Firstanisa merupakan perpaduan dua bahasa, yaitu bahasa Inggris 'first' (pertama) dan bahasa Arab 'annisa' (perempuan).

Nama Amernipo diambil dari perpaduan kata 'Amerika' dan 'Nippon' (Jepang) karena saat kehamilan istri saya sampai kelahiran anak bungsu kami ini, saya sedang sibuk membantu orang Amerika Serikat yang kemudian disusul dengan orang Jepang sebagai juru bahasa atau penerjemah lisan atau interpreter mereka selama kegiatan mereka di Sumatera Barat dalam rangka memberikan bantuan kemanusiaan setelah gempa besar 30 September 2009.

Ide membuka usaha agrobisnis peternakan skala rumah tangga ini mulai timbul pada akhir tahun 2008 setelah saya sering iseng melihat-lihat gambar ternak kambing, domba, sapi, dan kerbau baik di Internet maupun di toko buku.

Sejak awal tahun 2009 Peternakan Firstanipo mulai berjalan dengan usaha bagi hasil peternakan kambing Kacang bermitra dengan keluarga miskin di pinggiran kota Padang, Sumatera Barat. Awal tahun 2010 Peternakan Firstanipo membuka usaha bagi hasil peternakan sapi Simental bermitra dengan keluarga miskin yang sama.

Sebagai landasan pengembangan usaha agrobisnis peternakan, Peternakan Firstanipo memiliki visi dan misi seperti diuraikan di bawah ini.

Visi
Mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui usaha peternakan kambing, domba, sapi, dan kerbau.

Misi
Memasyarakatkan peternakan kambing, domba, sapi, dan kerbau

Mempromosikan berbagai jenis kambing, domba, sapi, dan kerbau unggul kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui tulisan-tulisan mengenai ternak unggul di blog ini

Mewujudkan peternakan kambing, domba, sapi, dan kerbau yang efisien, alami, dan ramah lingkungan

Menekan tingkat kemiskinan, pengangguran, dan kejahatan.

Mencegah terjadinya urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota

Mendorong terjadinya ruralisasi atau perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk membangun ekonomi pedesaan melalui usaha peternakan kambing, domba, sapi, dan kerbau

No comments:

Post a Comment