Thursday 13 September 2012

Drawing and Coloring Manga Character with Adobe Photoshop


Yak, dalam posting kali ini saya mau share tutorial cara bikin and ngewarnain karakter anime pake photoshop.. langsung aja sob.. Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Adobe Photoshop
2. BrushHair download disini
3. Brush Cloud download disini
4. Pen tablet, kalo gak punya pake mouse aja kayak ane..
5. Semangkok Mie instan.. heheh..
STEP 1
Langkah pertama bikin sketsanya dulu. Boleh gambar di kertas trus di scan atau langsung gambar aja di Photoshopnya juga gak papa. Gak usah kuatir kalo sketsanya berantakan, soalnya nanti juga ketutup ketika kita ngewarnain.
STEP 2
 Di langkah kedua kita udah mulai nyiapin warna. Ane pilih warna cokelat dan oranye buat kostumnya. Dan warna oranye kemerahan buat rambutnya. Cara gambarnya, pilih Brush > Hard Round brush > opacity & flow 100 %.
STEP 3
Disini kita udah mulai nge detail nih, siapin Hard Round brush dengan opacity 20% flow 50 % lalu usapin di bagian wajahnya, pilih warna-warna soft kayak pink, oranye atau hijau muda. Untuk bagian mata, hidung sama bibir juga pake Hard Round brush, atur opacity nya sesuai kebutuhan. Kalo ane lebih sering pake opacity 40 % buat mencampur warna dan opacity 21 % buat menghaluskan garis-garis yang masih kasar.
STEP 4
 Langkah ke empat kita beralih ke rambutnya, buka brush hair yang udah di download. Atur ukuran dan warnanya, lalu gambar rambutnya seperti gambar di atas, atau terserah kamu juga gak papa sih. Silahkan bebas berkreasi sendiri..  Setelah beres klik smudge tool, disitu pilih brush yang sama kayak yang kita gunakan tadi. Atur strength nya kira-kira 45 % aja. Lalu klik kiri dan tahan mouse sambil gerakin ke kiri (lihat tanda panah di gambar nomor 7). Ulangi trik ini sampai rambut terlihat halus. Warnai baju dan tongkatnya. Untuk tongkatnya ane pake Styles yang neutral bevel. Kasih corak. Lalu tentukan lighting nya, kalo ane lightingnya dari arah kiri atas. Efek nya kena rambut, baju dan roknya. Di bagian yang ane kasih tanda panah, pake warna yang lebih terang supaya efeknya lebih kerasa. Terakhir, bikin background awannya. Buka brush cloud yang udah didownload. Gambar sesuka hati. 
Hasil akhir.
Tutorial ini juga bisa didownload versi PDF nya disini

No comments:

Post a Comment