Monday 8 October 2012

CID HP saya berapa yah…?

Banyak tutorial / panduan modding HP Sony Ericsson bertebaran di internet… Tools-tools yang digunakan untuk praktek modding juga berbagai macam… Nah… ga semua tools bisa digunakan untuk semua HP. Ada beberapa persyaratan tertentu untuk bisa menggunakan tools tersebut… Salah satunya ya CID dan color. Jika persyaratan tersebut tidak dipenuhi, jangan harap praktek modding akan berjalan mulus dan hasilnya seperti yang diinginkan. :D

Misalnya pada GFlash. Tools ini hanya bisa digunakan untuk HP dengan CID36. Jadi ga bisa digunakan untuk CID49/51/52. Yang jadi masalah, ada kalanya suatu tipe HP dirilis pertama kali dengan menggunakan satu nomor CID, dan di kemudian hari SE merilis HP dengan tipe yang sama, tetapi dengan proteksi yang berbeda (dalam hal ini CID nya ikut diupgrade oleh SE) :shock:
Contoh nyatanya adalah SE K750i. Saat pertama kali dirilis di dunia, HP ini menggunakan CID36. Akan tetapi kira2 setahun berikutnya, SE merilis K750i yang datang dengan CID49. Lalu artinya apa? artinya GFlash tidak bisa digunakan untuk mem-flash K750i yang baru, yang dikarenakan proteksi yang lebih canggih yang tidak bisa dijebol oleh GFlash. Artinya lagi… tutorial Cross Flash K750i ke W800i (CID36 RED) dengan bantuan GFlash tidak bisa dipraktekkan ke semua K750i. Lalu timbul pertanyaan… “Bagaimana saya bisa tahu CID HP saya? Kan ga ada tanda-tanda yang bisa dilihat dari luar (secara fisik)?”
Untuk yang sudah familiar dengan dunia modding sih mungkin bisa menebak CID dari tanggal pembelian HP yang bisa membantu mengira-ngira kapan HP tersebut diproduksi. :mrgreen: Meskipun tidak selalu tepat. :mrgreen: Karena kadang-kadang orang membeli HP second hand. Jadi ga tau pasti kapan pertama HP tersebut dibeli (penjual bisa aja bohong, terutama kalo udah ga ada Kartu Garansi / bon pembelian pertama) :roll:
Ada lagi dengan cara melihat versi firmware bawaan HP. Cara ini juga hanya bisa dilakukan oleh yang sudah familiar dengan modding SE atau pengguna HP SE yang berpengalaman. (cieileeee :mrgreen: ) Tapi lagi-lagi cara ini hanya berdasarkan pengalaman dan tidak selalu akurat. Karena ga semua orang tau versi firmware bawaan HP nya.
Check CID GFlash Lalu cara yang paling akurat dan tepat bagaimana? ya harus dicek dengan bantuan software. Sebut saja DaVinci Team Flasher, GFlash, PhoneXS, XS++, dll. Tools-tools ini dapat membaca CID HP dengan akurat. Jadi kalo sudah diketahui CID HP kita, baru kita bisa menentukan tools-tools dan jenis modding mana yang bisa kita terapkan ke HP kita. ;)


sumber

No comments:

Post a Comment