Sunday 9 December 2012

Biografi Ada Lovelace ( Peringatan Ada Lovalace ke-197 )


Ada Augusta Byron adalah satu-satunya anak yang sah dari penyair romantis, George Gordon, Lord Byron. Ibunya adalah Anne Isabella Milbanke yang mengambil bayi pada satu bulan lama jauh dari rumah ayahnya. Ada Augusta Byron tidak pernah melihat ayahnya lagi, ia meninggal ketika dia berusia delapan.

Ibu Ada Lovelace, yang telah belajar matematika sendiri, memutuskan bahwa putrinya akan terhindar eksentrik sang ayah dengan mempelajari mata pelajaran yang lebih logis seperti matematika dan ilmu pengetahuan, bukan sastra atau puisi. Ada Lovelace muda menunjukkan jenius untuk matematika sejak usia dini. Tutor nya termasuk William Frend, William King dan Mary Somerville. Dia juga belajar musik, menggambar dan bahasa, dan menjadi fasih dalam bahasa Perancis.

Ada Lovelace bertemu Charles Babbage pada tahun 1833, dan menjadi tertarik pada model yang telah dibangun dari perangkat mekanik untuk menghitung nilai fungsi kuadrat, Engine Perbedaan. Dia juga mempelajari ide-idenya di komputer lain, Analytical Engine, yang akan menggunakan kartu menekan untuk "membaca" instruksi dan data untuk memecahkan masalah matematika.

Babbage juga menjadi mentor Lovelace, dan membantu Ada Lovelace memulai studi matematika dengan Augustus de Moyan pada tahun 1840 di University of London.

Babbage sendiri tidak pernah menulis tentang penemuan sendiri, tetapi pada tahun 1842, seorang insinyur Italia Manabrea (kemudian perdana menteri Italia) dijelaskan Analytical Engine Babbage dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam bahasa Prancis.

Augusta Lovelace diminta untuk menerjemahkan artikel ini ke dalam bahasa Inggris untuk jurnal ilmiah British. Dia menambahkan banyak catatan sendiri untuk terjemahan, karena dia akrab dengan pekerjaan Babbage. Penambahan nya menunjukkan bagaimana Analytical Engine Babbage akan bekerja, dan memberikan satu set instruksi untuk menggunakan mesin untuk menghitung angka Bernoulli. Dia menerbitkan terjemahan dan catatan di bawah inisial "AAL," menyembunyikan identitasnya sebagai melakukan banyak wanita yang diterbitkan sebelum perempuan lebih diterima sebagai intelektual sama.

Augusta Ada Byron menikah dengan seorang Raja William (meskipun tidak sama Raja William yang telah gurunya) pada tahun 1835. Pada tahun 1838 suaminya menjadi Earl pertama Lovelace, dan Ada menjadi countess of Lovelace. Mereka memiliki tiga anak.

Ada Lovelace sadar mengembangkan kecanduan obat-obatan yang diresepkan termasuk Laudanum, opium dan morfin, dan ditampilkan mood swings klasik dan gejala penarikan. Dia mengambil judi dan kehilangan sebagian besar hartanya. Dia diduga berselingkuh dengan seorang kawan perjudian.

Pada tahun 1852, Ada Lovelace meninggal karena kanker rahim. Dia dimakamkan di samping ayahnya yang terkenal.

Lebih dari seratus tahun setelah kematiannya, pada tahun 1953, catatan Ada Lovelace pada Analytical Engine Babbage yang diterbitkan setelah dilupakan. Mesin ini sekarang diakui sebagai model untuk komputer, dan catatan Ada Lovelace sebagai deskripsi dari sebuah komputer dan perangkat lunak.

Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan AS menetap pada nama "Ada" untuk bahasa komputer baru standar, dinamai untuk menghormati Ada Lovelace.


No comments:

Post a Comment