Monday, 6 May 2013

Perawatan Ban

 Perawatan adalah kebutuhan bagi ban yang kita pakai , sementara kebutuhan ban yang kita harapkan adalah dengan  kualitas yang sesuai . Dalam hal ini erat kaitannya antara perawatan dengan kualitas dari ban tersebut.
Jika kita bisa melakukan perawatan dengan baik maka kita akan mendapatperformance maksimal dari ban tersebut .
Beberapa yang harus kita pahami untuk mendukung proses perawatan bandengan baik dan benar antara lain ;

  1. Kapasitas Angkut unit
  2. Distribusi beban unit terhadap ban
  3. Tekanan angin & kecepatan unit
  4. Pemasangan ban & accessories
  5. Perawatan rutin
  6. Pencatatan
  7. Identifikasi masalah
  8. Evaluasi performance

Kapasitas angkut unit:


       Setiap produk/alat transportasi yang dikeluarkan oleh pabrik harus mengeluarkan kapasitas angkut unit yang mereka produksi beserta distribusi beban per axle yang boleh kita minta atau boleh kita ketahui. Hal ini bertujuan agar dalam kita memperlakukan unit tersebut mulai dari aplikasi di lapangan, maintenance dll. tidak keluar/menyimpang dari batas toleransi yang di ijinkan. Contoh, simak gambar di bawah ini :


Pemasangan Ban

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum assembling ban :
  
  • Check ukuran wheel rim, ban, tube, valve dan flap
  • Pastikan whellrim , ban tube,valve dan flap bersih dari debu/kotorandan benda asing.
  • Pastikan wheel rim  tidak ada permukaan yang tajam dan retak.
  • Check lubang baut tidak rusak dan tidak berubah dimensinya.
  • Lapisi permukaan wheel rim dan ban pada beadnya
  • Gunakan lubrican yang benar.(Yang tidak merusak ban)
  • Rubber/karet harus bersih dan kering. 
  • Putar 2 putaran penuhhingga karet menempel dengan washer,  danposisikan lever valve pada arah yang benar. 
  • Tidak boleh terlalu kendorakan mengakibatkan bocor. 
  • Jangan terlalu kencangkarena akan mengakibatkan ruber rusak.( Bilarusak rubber harus diganti).
Tahap berikutnya dalam metode pemasangan ban, pelepasan ban, dan perawatannya silahkan di download di sini

No comments:

Post a Comment