Agar performa mesin diesel tetap stabil, disini akan membahas perawatan agar performa mesin tetap optimal, yuk kita lihat 9 (sembilan)cara perawatan mesin diesel.
1. Tiap - tiap delapan jam (perawatan harian)
- Periksa keadaan air radiator, pelumas, oli bahan bakar, minyak.
- Buang air yang mungkin ada dalam saluran pembakaran, inlet manipold, tabung anginnya.
- Periksa ikatan baut.
- Berikan sedikit pelumas pada stang-stang penghubung governor.
- Bersihkan saringan udara.
Tujuannya:
- Perawatan ini dilakukan supaya mesin dapat digunakan tiap hari dan dapat dioperasikan dengan baik.
- Supaya mengetahui keadaan oli pembakaran, radiator dan minyak.
- Supaya tahu mana baut yang kendor atau tidak kencang karena getaran pada mesin diesel sangat kuat.
2. Pemeliharaan mingguan (150 jam)
- Membuka dan membersihkan saringan.
- Periksa dan pebaiki kebocoran pada saluran-saluran minyak pelumas dan bahan bakar.
- Cuci dan bersihkan badan mesin.
Tujuannya:
- Untuk membersihkan saringan udara dari debu dan kotoran agar tidak menghambat udara yang masuk.
- Mengetahui kebocoran pada sluran pelumas dan bahan bakar.
- Supaya badan mesin tidak mudah terkena korosi dan karat.
3. Pemeliharaan Tengah Bulanan (250 jam)
- Buang dan ganti minyak pelumas.
- Bersihkan sirip-sirip pendingin, pada mesin dengan pendingin air.
- Mengetahui kebocoran pada saluran pelumas dan bahan bakar.
- Supaya pada saat penyalaan awal lebih mudah.
4. Pemeliharaan bulanan (500 jam)
- Periksa dan stel klep bila dianggap perlu.
- Cuci dan bersihkan badan mesin dan base panel.
- Supaya suara mesin tidak terlalu keras.
- Supaya badan mesin dan plat tidak mudah terkena korosi atau berkarat.
5. Tiap-tiap 1.000 jam
- Buang, cuci, dan ganti minyak pelumas.
- Memeriksa fungsi-fungsi governor.
- Supaya pelumasan-pelumasan pada mesin lebih sempurna
- Untuk mengetahui governor berfungsi dengan baik
- Bersihkan inlet manifold dan sistem exhaust.
- Bersihkan sirip-sirip pendingin pada mesin dengan menggunakan air.
- Periksa stang-stang penghubung pada governor dan lumasi dengan minyak pelumas seperlunya.
- Ganti saringan minyak bahan bakar.
- Bersihkan saluran nozzle dan stel tekanannya.
- Lakukan dekarbonisasi bila mesin telah menunjukkan gejala-gejala penurunan kompresi.
- Mengukur atau mempebaiki defleksi poros.
- Supaya mesin dapat bekerja dengan baik dan siap digunakan sewaktu waktu.
- Dilakukan dekarbonisasi adalah supaya kompresi pada mesin menjadi lebih baik lagi.
- Untuk mengetahui seberapa besar defleksi pada poros engkol.
- Bersihkan tangki bahan bakar.
- Bersihkan saluran air pendingin, heat excharher, oil cooler dan inter cooler.
- Lakukan top over haul, ganti komponen yang mengalami kehausan.
- Supaya badan mesin tahan lama dan tidak tekena korosi.
- Supaya mesin dapat digunakan lebih lama.
- Dilakukan top over haul adalah untuk mengetahui komponen.
- Komponen mana saja yang harus diganti dan yang masih bias dipakai.
- Periksa semua pegas klep.
- Bongkar cylinder head dan lakukan dekarbonisasi, gosok klip-klip dan bersihkan rongga-rongga air pendingin.
- Bersihkan kerak-kerak pada permukaan piston.
- Bersihkan seluruh sistem exhaust.
- Bersihkan pipa-pipa saluran bahan bakar.
- Periksa dan bersihkan pipa-pipa minyak pelumas.
- Periksa karet-karet duduk mesin gantilah bila perlu.
- Supaya mesin dapat digunakan lebih baik.
- Supaya tidak tersumbat oleh debu dan kotoran.
- Untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diganti dan yang tidak.
- Lakukan general over haul, ganti komponen-komponen yang mengalami keausan.
- Pemeriksaan atau penggatian piston klep.
- Pemeriksaan atau penggatian pompa injeksi.
- Pemeriksaan atau penggatian klep dan perklep.
- Supaya mesin tahan lama
- Dilakukan general over haul adalah untuk mengganti komponen komponen yang mengalami keausan.
No comments:
Post a Comment