Monday 8 August 2011

9 Cara Perawatan Mesin Diesel

Agar performa mesin diesel tetap stabil, disini akan membahas perawatan agar performa mesin tetap optimal, yuk kita lihat 9 (sembilan)cara perawatan mesin diesel.

1. Tiap - tiap delapan jam (perawatan harian)
  • Periksa keadaan air radiator, pelumas, oli bahan bakar, minyak.

  • Buang air yang mungkin ada dalam saluran pembakaran, inlet manipold,    tabung anginnya.

  • Periksa ikatan baut.

  • Berikan sedikit pelumas pada stang-stang penghubung governor.

  • Bersihkan saringan udara.


Tujuannya:
  • Perawatan ini dilakukan supaya mesin dapat digunakan tiap hari dan dapat dioperasikan dengan baik.

  • Supaya mengetahui keadaan oli pembakaran, radiator dan minyak.

  • Supaya tahu mana baut yang kendor atau tidak kencang karena getaran pada mesin diesel sangat kuat.


2. Pemeliharaan mingguan (150 jam)

  • Membuka dan membersihkan saringan.

  • Periksa dan pebaiki kebocoran pada saluran-saluran minyak pelumas dan bahan      bakar.

  • Cuci dan bersihkan badan mesin.


Tujuannya:
  • Untuk membersihkan saringan udara dari debu dan kotoran agar tidak menghambat udara yang masuk.

  • Mengetahui kebocoran pada sluran pelumas dan bahan bakar.

  • Supaya badan mesin tidak mudah terkena korosi dan karat.


3. Pemeliharaan Tengah Bulanan (250 jam)
  • Buang dan ganti minyak pelumas.

  • Bersihkan sirip-sirip pendingin, pada mesin dengan pendingin air.

 Tujuannya:
  • Mengetahui kebocoran pada saluran pelumas dan bahan bakar.

  • Supaya pada saat penyalaan awal lebih mudah.


4. Pemeliharaan bulanan (500 jam)
  • Periksa dan stel klep bila dianggap perlu.

  • Cuci dan bersihkan badan mesin dan base panel.

Tujuannya:
  • Supaya suara mesin tidak terlalu keras.

  • Supaya badan mesin dan plat tidak mudah terkena korosi atau berkarat.


5. Tiap-tiap 1.000 jam
  • Buang, cuci, dan ganti minyak pelumas.

  • Memeriksa fungsi-fungsi governor.

Tujuannya:
  • Supaya pelumasan-pelumasan pada mesin lebih sempurna

  • Untuk mengetahui governor berfungsi dengan baik

6. Tiap-tiap 1.500 jam
  • Bersihkan inlet manifold dan sistem exhaust.

  • Bersihkan sirip-sirip pendingin pada mesin dengan menggunakan air.

  • Periksa stang-stang penghubung pada governor dan lumasi dengan minyak pelumas seperlunya.

  • Ganti saringan minyak bahan bakar.

  • Bersihkan saluran nozzle dan stel tekanannya.

  • Lakukan dekarbonisasi bila mesin telah menunjukkan gejala-gejala penurunan kompresi.

  • Mengukur atau mempebaiki defleksi poros.

Tujuannya:
  • Supaya mesin dapat bekerja dengan baik dan siap digunakan sewaktu waktu.

  • Dilakukan dekarbonisasi adalah supaya kompresi pada mesin menjadi lebih baik lagi.

  • Untuk mengetahui seberapa besar defleksi pada poros engkol.

7. Tiap-tiap 3.000 jam
  • Bersihkan tangki bahan bakar.

  • Bersihkan saluran air pendingin, heat excharher, oil cooler dan inter cooler.

  • Lakukan top over haul, ganti komponen yang mengalami kehausan.

Tujuannya:
  • Supaya badan mesin tahan lama dan tidak tekena korosi.

  • Supaya mesin dapat digunakan lebih lama.

  • Dilakukan top over haul adalah untuk mengetahui komponen.

  • Komponen mana saja yang harus diganti dan yang masih bias dipakai.

8. Tiap-tiap 6.000 jam
  • Periksa semua pegas klep.

  • Bongkar cylinder head dan lakukan dekarbonisasi, gosok klip-klip dan bersihkan rongga-rongga air pendingin.

  • Bersihkan kerak-kerak pada permukaan piston.

  • Bersihkan seluruh sistem exhaust.

  • Bersihkan pipa-pipa saluran bahan bakar.

  • Periksa dan bersihkan pipa-pipa minyak pelumas.

  • Periksa karet-karet duduk mesin gantilah bila perlu.

Tujuannya:
  • Supaya mesin dapat digunakan lebih baik.

  • Supaya tidak tersumbat oleh debu dan kotoran.

  • Untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diganti dan yang tidak.

9. Tiap-tiap 1.200 jam
  • Lakukan general over haul, ganti komponen-komponen yang mengalami keausan.

  • Pemeriksaan atau penggatian piston klep.

  • Pemeriksaan atau penggatian pompa injeksi.

  • Pemeriksaan atau penggatian klep dan perklep.

Tujuannya:
  • Supaya mesin tahan lama

  • Dilakukan general over haul adalah untuk mengganti komponen ­komponen yang  mengalami keausan.

sekian dan terima kasih, semoga bermafaat yaa ..

No comments:

Post a Comment